Karnaval 17-an, Hiburan yang Mempersatukan

Untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia,  Kelurahan Sidoharjo merayakannya dengan begitu meriah dan beraneka ragam kegiatan sebagai wujud suka cita dan syukur. Kegiatan kemerdekaan biasanya hanya diisi dengan upacara dan perlombaan. Namun kegiatan yang akhir-akhir ini yang muncul kembali adalah kegiatan  karnaval.

Kegiatan karnaval dilaksanakan setelah dhuhur pukul 12.00 dengan start di lapas lamongan dan garis finish di kelurahan Sidoharjo. Alhamdulillah sebuah perjuangan yang tidak sia-sia, RT 03 RW 01 berhasil merebut juara harapan 1 dan mendapatkan hadiah trophy + uang pembinaan.

Kegiatan karnaval ini sebenarnya memiliki berbgai manfaat positif  diantaranya adalah;

  1. Sebagai sarana Edukasi

Salah satu manfaat kegiatan karnaval adalah sebagai sarana edukasi kepada generasi muda dan anak mengenai aneka budaya yang ada di Indonesia. Misalnya dari pakaian adat, rumah adat, profesi dan aneka ragam pernak perniknya.

  1. Sebagai sarana unjuk kreatifitas

Dalam karnaval berbagai kreatifitas ditampilkan dengan tema masing-masing. Keratifitas masyarakat menjadi tergali dan dapat disalurkan dalam kegiatan ini. Selain dari segi penampilan dan pernak pernik, kreativitas juga terlihat dalam pentas seni dalam karnaval.

3. Sebagai penumbuh nasionalisme

Dalam karnaval juga dapat digunakan sebagai sarana nasionalisme. Bagi generasi muda yang acuh dengan nasinalisme menjadi tergerak hatinya untuk turut berpartisipasi dengan kreasi dan atribut seperi bendera merah putih, lambang negara dan lainnya.

Dari awal hingga akhir kegiatan karnaval berlangsung dengan tertib, aman, dan meriah. Seluruh peserta karnaval sangat menikmati dan mereka berharap kalau bisa setiap tahun karnaval seperti ini selalu diadakan.

 

  

Leave a Comment