LGC (Lamongan Green and Clean)

Lamongan Green and Clean adalah sebuah perlombaan atau kompetisi lingkungan hidup untuk mencari lingkungan mana yang paling bersih dan hijau. Kompetisi ini diikuti oleh RT-RT yang ada di wilayah Kabupaten Lamongan. Kegiatan LGC di RT 03 RW 01 dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober.

Sebelum dilakukan penilaian pada hari H, seluruh warga bekerja bakti untuk membersihkan lingkungan kampung. Ada sebagian yang membersihkan selokan, menata pot bunga, mempersiapkan administrasi yang lain dan ada banyak dari anggota masyarakat yang berlomba-lomba membeli bunga dan menanamnya di lingkungan sekitar rumah masing masing agar lebih hijau dan bersih.

Penilaian dilakukan sekitar pukul 10.00 mengingat para juri harus melakukan penilaian juga di kampung-kampung yang lain. Kedatangan tim dewan juri disambut dengan nyanyial yel – yel dari ibu – ibu PKK yang sudah berlatih sebelumnya. Mereka bergoyang dengan aduhai menarik perhatian para tim dewan juri. Dan tidak sia-sia tim dewan juri pun ikut bergoyang bersama dengan warga. Lagu meraih bintang yang sudah dimodifikasi dengan rangkaian kata menjadi sebuah lagu kebersihan pun dinyanyikan dengan begitu asyik. Meskipun panasnya matahari menyengat,  Pak Lurah Berkeliling menyuport pelaksanaan Lamongan Green and Clean selalu disambut dengan antusias oleh warga masyarakat. Semua warga terhibur dengan adanya acara LGC ini.

Setelah proses penyambutan dewan juri, proses selanjutnya adalah penilaian. Penilaian yang dilakukan berupa kebersihan lingkungan, tumbuh – tumbuhan, bank sampah, kemar mandi, dan administrasi yang lain.

Kompetisi Lamongan Green and Clean terbagi menjadi 4 level, yakni : level mandiri, level maju, berkembang dan perintis. Sistem kompetisi dilakukan berjenjang dimana peserta/lingkungan yang menang dalam salah satu level akan naik level ke tingkat atasnya pada tahun berikutnya.

Adapun aspek yang dinilai secara umum adalah :
1. Penataan Lingkungan
2. Penghijauan
3. Pengelolaan Lingkungan
4. Administrasi (pembukuan)

Penataan lingkungan diwujudkan melalui pengelolaan lingkungan yang asri dengan memperhatikan estetika lingkungan yang dapat meliputi : penataan ruang terbuka hijau (RTH), pengelolaan fasilitas sanitasi, saluran air rumah tangga dll.
Penghijauan dilakukan dengan cara penamaan pepohonan agar udara menjadi sejuk dan teduh. Pepohonan yang ditanam juga harus beragam dan seimbang tidak hanya 1 jenis saja, misalnya : pohon buah, bunga, sayuran, peneduh dan TOGA.

Pengeleloan lingkungan meliputi pemisahan sampah menurut jenisnya (sampah kering, sampah basah dan bahan berbahaya beracun) beserta upaya pengelolaannya. Juga pemeliharaan kesehatan lingkungan yang ditandai dengan bebas jentik nyamuk dsb. Sementara penilaian administrasi meliputi : adanya susunan kader lingkungan yang terorganisir, adanya program-program lingkungan yang di terapkan dan juga kelengkapan pembukuannya dan lain lain.

Acara Lamongan Green And Clean ini berakhir pukul 12.00 dan di tutup dengan makan bersama antara para juri dan seluruh warga RT 03 RW 01 Demangan Utara Timur. Dan alhamdulillah acara Lamongan Green And Clean ini berjalan tertib dari awal hingga akhir tanpa adanya suatu kendalan apapun.

Leave a Comment