Launching Bank Sampah RT 03 RW 01 Demangan Utara Timur

Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Setiap hari Minggu Petugas bank sampah mengumumkan lewat pesan suara agar Warga RT 03 RW 01  Demangan Utara Timur membawa sampah masing-masing untuk dikumpulkan dan ditabung di bank sampah. Pelaksanaan kegiatan bank sampah ini dilakukan di lapangan RT. Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama. Sedangkan plastik kemasan dibeli ibu-ibu PKK setempat untuk didaur ulang menjadi barang-barang kerajinan.

Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Bank sampah juga dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya. Dengan pola ini maka warga selain menjadi disiplin dalam mengelola sampah juga mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan.

Hal ini adalah cara untuk menyulap sampah menjadi uang sekaligus menjaga kebersihan lingkungan dari sampah khususnya plastik sekaligus bisa dimanfaatkan kembali. Syarat sampah yang dapat di tabung adalah yang rapi dalam hal pemotongan. 

Inilah salah satu alternatif untuk memecahkan masalah sampah dan ikut berpartisipasi melestarikan lingkungan. Yang pada akhirnya berdampak baik untuk bumi ini. Oleh karena itu seluruh warga RT 03 RW 01 Demangan Utara Timur selalu rutin menyetorkan sampah sampah rumah tangga agar terciptanya lingkunan yang sehat, bersih, efektif, dan ramah lingkungan.

 

Leave a Comment